Batasi Offshore Rupiah


Kepada yth;

Redaksi Harian Kompas

Jakarta. SURAT PEMBACA.

GERAKAN CINTA RUPIAH- BATASI SUPPLY OFFSHORE RUPIAH.

Salah satu penyebab krisis moneter yang sedang dialami oleh Indonesia adalah ulah para spekulator mata uang di pasar valuta asing “offshore” yang memperdagangkan mata uang rupiah dengan dollar. Hal ini dimungkinkan sejak proses internasionalisasi mata uang rupiah beberapa tahun lalu melalui liberalisasi sektor perbankan dan pasar modal . Para investor asing masuk ke Indonesia untuk membeli “rupiah denominated assets” melalui instrumen pasar uang dan portfolio equity, dan sebagai konsekwensinya maka tercipta instrumen derivatif rupiah berjangka sebagai alat hedging para investor asing terhadap investasinya dalam rupiah.

Pengalaman dalam 5 bulan terakhir ini terlihat jelas peranan para pelaku pasar valuta asing “offshore” dalam menentukan arah kurs rupiah terhadap dollar .— dimungkinkan karena jumlah rupiah “offshore” yang dimiliki oleh pelaku pasar di luar negeri cukup besar jumlahnya.

Dalam upaya kita untuk menstabilkan kurs rupiah terhadap dollar ke tingkat 4500-5000,- per dollar maka harus ada upaya dari Bank Indonesia untuk memonitor dan membatasi jumlah “offshore” rupiah, baik yang dimiliki oleh kelompok bukan penduduk (non residents) maupun oleh penduduk (residents) yang diparkir melalui rekening perusahaan “offshore”.

Jumlah rekening nostro maupun giro dalam mata uang rupiah yang dimiliki non residents pada bank-bank di Indonesia atau cabangnya di luarnegeri memberikan indikasi tentang kekuatan rupiah yang dipegang oleh para pelaku pasar valuta “offshore”. Membatasi kran rupiah yang dapat diakses oleh para spekulator asing berarti mengurangi daya beli $/Rp.mereka yang selama ini cenderung untuk didorong keatas.

Menurut hemat saya adalah wajar bagi Pemerintah kita untuk mengontrol arus rupiah walaupun menganut sistim devisa bebas ……afterall rupiah adalah milik bangsa Indonesia dan kita cinta rupiah !!!

Jakarta 15 Januari 1998.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s